Sunday, January 18, 2015

Rumah Investasi Masa Depan

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia selain makanan dan pakaian. Dalam sebuah istilah dikatakan adanya “sandang, pangan, papan”. Artinya kebutuhan akan rumah sejajar dengan kebutuhan manusia akan makanan dan pakaian. Salah satu fungsi utama sebuah rumah adalah sebagai tempat berkumpul anggota keluarga. Di dalam rumah pula, masing – masing anggota keluarga melakukan aktifitas kehidupannya. Dengan demikian, sebuah rumah harus mampu untuk mewadahi semua aktifitas anggota keluarga yang menghuninya. Fungsi rumah yang lain adalah sebagai tempat berlindung dari pengaruh alam. Rumah akan melindungi penghuninya dari panasnya matahari dan dinginnya hujan. Sebagus atau seburuk apapun rumah kita, kita akan merasa nyaman apabila berada di rumah kita sendiri bukan? Rumah sudah seperti istana kita sendiri dimana kita bisa melakukan hal-hal yang belum tentu bisa kita lakukan di tempat lain. Sebagian besar manusia juga memandang rumah dalam fungsinya sebagai pemenuhan kebutuhan sosial budayanya dalam masyarakat.

Pengertian status sosial sendiri adalah sekumpulan hak dan kewajiban yang dimiliki seseorang dalam masyarakatnya. Dalam struktur masyarakat, orang yang memiliki status sosial yang tinggi akan di tempatkan lebih tinggi di bandingkan dengan orang yang status sosialnya rendah. Bangunan rumah orang-orang yang tergolong dalam kelas menengah keatas dan menengah kebawah pasti mempunyai perbedaan. Contohnya rumah para pejabat tinggi dengan rumah karyawan biasa. Dari contoh tersebut bisa kita simpulkan bahwa keadaan ekonomi dapat mempengaruhi status sosial seseorang dalam masyarakat sekitar.

Rumah pada hakekatnya merupakan kebutuhan dasar (basic needs) manusia selain sandang dan pangan, juga pendidikan dan kesehatan. Oleh karena itu maka dalam upaya penyediaan perumahan lengkap dengan sarana dan prasarana permukimannya, semestinya tidak sekedar untuk mencapai target secara kuantitatif (baca: banyaknya rumah yang tersedia), semata-mata, melainkan harus dibarengi pula dengan pencapaian sasaran secara kualitatif (baca: mutu dan kualitas rumah sebagai hunian), karena berkaitan langsung dengan harkat dan martabat manusia selaku pemakai. Artinya bahwa pemenuhan kebutuhan akan perumahan dan permukiman yang layak, akan dapat meningkatkan kualitas kehidupan dan kesejahteraan masyarakat. Bahkan di dalam masyarakat Indonesia perumahan merupakan pencerminan dan pengejawatahan dari diri pribadi manusia, baik secara perorangan maupun dalam satu kesatuan dan kebersamaan dalam lingkungan alamnya. Dalam kehidupan bermasyarakat, manusia merupakan insan sosial sekaligus sebagai insan ekonomi. Sebagai ‘insan sosial’, manusia memandang rumah dalam fungsinya sebagai pemenuhan kebutuhan sosial budayanya dalam masyarakat. Sedangkan sebagai ‘insan ekonomi’ fungsi rumah dipandang sebagai investasi jangka panjang yang akan meperkokoh jaminan kehidupan dan penghidupannya dimasa mendatang.

Terdapatnya berbagai permasalahan dibidang perumahan dan pemukiman di Indonesia antara lain disebabkan oleh pengaruh pertumbuhan penduduk dan urbanisasi yang cukup pesat, dimana perkembangannya cenderung lebih cepat dari pada kemampuan penyediaan kebutuhan perumahan beserta sarana dan prasarananya yang cukup memadai. Belum lagi termasuk perbaikan perumahan dan lingkungan kumuh yang banyak tersebar diwilayah perkotaan, terutama di kota-kota besar. Apabila tidak segera ditangani secara terencana dan terpadu, maka masalah tersebut akan terus berlanjut dan meningkat seirama dengan pertumbuhan penduduk, dinamika kependudukan, serta oleh berbagai tuntutan ekonomi, sosial budaya, yang senantiasa berkembang. Mengingat arti pentingnya penyediaan perumahan dan permukiman yang layak bagi masyarakat, maka masalah tersebut perlu ditangani secara mendasar dan seksama. Hal tersebut menyangkut berbagai aspek kehidupan dan harkat hidup manusia yang secara langsung turut mempengaruhinya.

Salah satu aspek yang cukup berpengaruh pada penyediaan perumahan dan permukiman yang lebih bersifat internal adalah aspek sosial – budaya masyarakat. Dengan adanya kemajuan teknologi dan proses modernisasi, serta peningkatan kesejahteraan, maka sikap dan pandangan seseorang terhadap rumahnya akan berubah pula. Rumah memang tidak sekedar sebagai tempat berteduh dan melindungi diri penghuninya dari kondisi alam dan bahaya dari luar, namun sudah berkembang sebagai sarana yang dapat menunjukan jati diri dan pribadi penghuninya.

Di dalam masyarakat Indonesia, ada ungkapan bahwa ‘rumah’ merupakan kulit ketiga dari manusia, dimana yang menjadi kulit kedua adalah pakaian/busana, sedangkan kulit pertama adalah kulit tubuh manusia itu sendiri. Ungkapan lain menyebutkan bahwa ‘rumahmu adalah wajahmu dan jiwamu’. Bahkan Y.B. Mangunwijaya, yakni salah seorang arsitek, budayawan sekaligus Romo melalui bukunya yang berjudul: ‘Vastu Citra’, menulis bahwa terrnyata bangunan punya citra sendiri-sendiri dalam perwatakan mental dan jiwa seperti apa yang dimiliki oleh pembuatnya. Semakin kita berkembang dalam pembangunan, maka semakin mendesak pula kita harus memperhatikan segi citra itu. Demikian juga halnya dalam dunia seni pembangunan rumah, jangan sampai bangsa kita dicap punya keaslian dan keterampilan juga punya duit dan sarana, tetapi jiwanya ‘kosong dan ngawur’. Itu tampak dari penampilannya, dari citranya. Sebab ‘citra’ penting dalam tata pergaulan, baik secara pribadi maupun secara nasional dalam tata pergaulan antar bangsa. Demikian sebagian ungkapan dari Romo Mangunwijaya yang saya kutip.

Metland Menteng, Puri, Transyogi, Tambun, Cileungsi, Cibitung, merupakan perumahan elit baru di Jakarta Selatan yang menawarkan beragam kemewahan dan keuntungan yang tidak akan mengecewakan pemiliknya. Perumahan Metland Menteng di bangun oleh Metland developer yang sangat kompeten dalam bidangnya dan memiliki predikat developer property terbaik di Indonesia. Pada saat ini telah dijual unit terbaru bentuk rumah model minimalis modern dengan system cluster pada perumahan yang terjamin keamananya. Selain memiliki lokasi strategis dan bebas banjir, perumahan ini memiliki harga kompetitif yang sangat cocok dijadikan sebagai rumah idaman investasi masa depan. Bagi yang ingin memiliki masa depan yang menjanjikan dengan modal ringan, Metland Menteng merupakan pilihan yang tepat untuk berinvestasi, dimana kredit perumahan ini dapat dicicil dengan cicilan ringan dan tidak akan menguras pikiran para peminatnya untuk meyediakan banyak uang.

No comments: