Sunday, September 9, 2007

Membuat Lokal Repository di Zencafe 1.2

Haiii, pa kabar

Kali ini penulis mencoba membuat lokal repository install program di distro zencafe 1.2 namun bagi pengguna zenwalk atau yang masih turunan slackware jangan kecewa dahulu. Karena secara setting default alias pengaturan asli pada distro zencafe yang selalu konek ke internet. Sebagai contoh hendak meng-install program :

#netpkg

lalu muncul pilihan list url repository zenwalk maupun zencafe , seperti :

1. http://slackware.linux.or.id/pub/zencafe/i486/current
2. http://distro.ibiblio.org/pub/linux/distributions/zenwalk/i486/current
3. http://zen-repo.meticul.eu/i486/current
4. http://mirror.meleeweb.net/pub/linux/zenwalk/i486/current
5. http://ftp.nux.ipb.pt/pub/dists/zenwalk/i486/current
6. http://ftp.sh.cvut.cz/MIRRORS/zenwalk/i486/current
7. http://linuxpackages.telecoms.bg/Zenwalk
8. http://mirrors.unixsol.org/linuxpackages//Zenwalk
9. http://linuxpackages.inode.at/Zenwalk
10. http://www.software-mirror.com/linuxpackages/Zenwalk
11. http://ftp.scarlet.be/pub/linuxpackages/Zenwalk
12. ftp://ftp.slackware.hu/linuxpackages/Zenwalk
13. http://www.tuxgames.net/zenwalk
14. http://users.zenwalk.org/packages

lalu kita disuruh memilih lokasi server package repository. Setelah itu kita dapat menginstall program yang kita sukai. Nah melihat hal diatas penulis mencoba mengakali dengan membuat lokal package repository server dengan memanfaatkan server apache+PHP . Hal ini penulis lakukan karena tidak mempunyai koneksi internet di rumah. Dan ide ini, penulis dapat dari komunitas ubuntu yang mengembangkan dvd repo ubuntu dari berbagai macam versi yang ada.

Penasaran !!
Berikut adalah teknik mengakalinya, yang sebetulnya tekniknya sama dengan pembuatan lokal repository di ubuntu.
  • Downloadlah mirror website repository package zencafe, untuk ini kita dapat melihat file netpkg.conf yang berada di file /etc/netpkg atau masuk pake user root ketik mousepad /etc/netpkg.conf setelah itu terlihat setingan server repo zencafe, pilih salah satu yang cepat dan dekat dengan kita.
  • Setelah itu buat lokal server dengan menginstall apache+php, karena kebetulan di ubuntu penulis sudah ada apache+php+mysql lewat xampplite versi linux. Maka penulis tinggal memount iso dvd ke folder htdocs xampplite.
  • Setelah termount di folder htdocs, jalankan xampplite dengan mengetik /opt/lampp/lampp start pada shell dengan user root. Setelah itu ketik http://localhost/repodvd/zencafe (milik penulis). Bila tampilannya sama seperti dvd anda, berarti sukses.
  • Sebelum menjalankannya, ketik mousepad /etc/netpkg.conf pada shell dengan akses root. Setelah itu edit atau copy dari setingan yang ada pada tulisan berikut
    sebelum :
    "Internet_mirror = http://ftp.sh.cvut.cz/MIRRORS/zenwalk/i486/current"

    sesudah :
    "Internet_mirror = http://localhost/repodvd/zencafe/"

    setelah itu simpan.
Trus buka netpkg dengan mengklik menu | System | netpkg setelah itu masukkan password root, kemudian muncul window netpkg. Dalam hal ini kita bisa langsung memilih program yang ingin diinstall, tetapi dari kasus diatas maka kita perlu melakukan pemilihan konfigurasi server dengan mengklik Mirror di menubar lalu pilih Browse, setelah itu pilih http://localhost/repodvd/zencafe/
maka akan dilakukan siskronisasi bila berhasil maka siap dijalankan.

Setelah itu bisa install program secara offline.

No comments: