Tuesday, August 7, 2007

Coba compiz desktop di ubuntu feisy fawn

Akhirnya aku bisa cobain compiznya ubuntu alias desktop effectnya, maklum pengen coba windoz vista tapi dokunya kurang. pengen downloads tapi gak ada. trus dikenalkan seorang teman pakai ubuntu, trus pesen di shipit.ubuntu.com kirim cd ubuntu dapat versi feisty-fawn yang sangat memukau.

Dan kebetulan di kotaku di kediri diadakan seminar linux desktop yang keynote speakernya dari depkominfo sekaligus dari komunitas ubuntu indonesia. Di seminar tersebut, pembicara tersebut mengenalkan ubuntu sebagai alternatif os yang ada sekarang ini dan berifat legal os. Dan salah satu pembicara yang ada menginstall ubuntu, menampilkan desktop effect yang dipunyai oleh ubuntu.

Setelah selesai mengikuti seminar tersebut, saya mempraktekkan ubuntu, yang kebetulan included ketika mengikuti seminar tersebut. Pertama saya coba menjalankan desktop effects di ubuntu ketika menjalankan ubuntu sebagai livecd dan berhasil.

Akhirnya saya install ubuntu feisty fawn sebagai pengganti windoz saya. Dan teknologi compiz ini jadi andalan saya dalam install ubuntu desktop.

Adapun cara menjalankan desktop effect di ubuntu adalah sebagai berikut :
klik system pada menu bar lalu pilih preference lalu desktop effect.
dan ikuti perintah yang ada.
lalu test dengan menekan tombol Ctrl+Alt sambil tekan anak panah kiri kanan maka dekstop kita akan berputar.

Selamat mencoba.

No comments: